Peralatan RC (Rock Climbing)

CARMANTEL
Para pecinta alam atau pendaki mungkin selalu bermain dengan hal yang extrim. Dan mungkin tidak jauh juga dengan sebuah benda atau barang yang berbentuk tali. Maka dari itu para pendaki tidaklah menggunakan sembarang tali. Carmantel adalah solusinya. Carmantel adalah sebuah tali yang  lentur dan cukup kuat untuk membawa barang atau benda seberat 75 kg atau lebih cukup untuk membawa tubuh kita yang umumnya berukuran 10.5mm 50m. Bisa digunakan untuk banyak hal seperti wall climbing, repling, prusiking, penyebrangan kering, flying fox, dsb.



HARNES

Harnes adalah sebuah peralatan yang digunakan panjat tebing dalam jenis tertentu. Kegiatan lain yang membutuhkan penggunaan tali untuk menyediakan akses keselamatan (misalnya akses tali industri, bekerja di ketinggian, dsb). Kegunaan harnes adalah untuk mengamankan seseorang dari ketinggian yang telah terikat oleh seutas tali atau titik ancor. Harnes ada yang bertype full body harnes dan seat harnes. Full body harnes adalah bentuk harnes yang dihubungkan pada seluruh badan. Seat harnes adalah bentuk harnes seperti celana guna untuk duduk saat ditarik ke atas. Umumnya untuk menolong korban atau di waktu memasang point wall. Sehingga lebih mudah dan nyaman seperti gambar berikut
Full body harnes
Seat harnes
kegunaan Seat harnes


















CARABINER SCREW

Carabiner atau Karabiner adalah loop logam dengan gerbang. Bagian loop sebaliknya gerbang disebut sebagai tulang belakang. Hal ini dapat dengan cepat dan revesibel terhubung komponen dalam sistem keselamatan-kritis. Carabiner banyak bentuknya. Dan dapat digunakan dalam pendakian atau kegiatan lain yang membutuhkan keselamatan. 
Salah satu kegunaan carabiner
Salah satu kegunaan carabiner












FIGURE 8
Alat ini dikatakan "eight" (delapan) dikarenakan bentuk umunya. Biasanya, Figure 8 umumnya digunakan saat repling dan membiley. Figure 8 terbuat dari partikel baja shingga sangatnlah kuat untuk menahan beban berat. Tapi sebagai catatan bahwa alat ini tidak bisa kita ketahuai secara langsung retak atau tidaknya. Jadi jangan sampai alat ini jatuh sampai berbunyi "klethik","krek","krik". Bisa dikatakan jika alat-alat ini adalah sebagian dari nyawa kita. Berikut contoh penggunaanya.
 


ASCENDER
Bentuk lain dari Ascender












 Ascender adalah sebuah alat mekanis yang digunakan untuk naik pada tali. Satu alat terbut adalah Jumar, nama terbaik setelah pabrik SWISS yang mengambangkan alat pertama untuk dijual pada tahun 1958. Nama perangkat ini juga mengarah pada jumaring istilah untuk proses menggunakan alat tersebut. Istilah lain untuk proses ini meliputi naik, prusiking dan jugging. Sebelum alat ini muncul, umumnya menggunakan tali prusik. Hanya saja alat ini lebih sulit penggunaanya dibanding Ascender. Berikut penggunaan Ascender....
Penggunaan Ascender
Penggunaan Ascender



SEPATU PANJAT
Keutamaan sepatu panjat tebing adalah pada keampuhan karet solnya untuk mencengkram tebing. Kelenturan sol mengikuti bentuk permukaan tebing yang tidak beraruran sehingga menghasilkan friksi dan membuat rute-rute panjat yang sulit menjadi biasa-biasa saja.








WEBBING

Webbing adalah kain tenun yang kuat seperti strip atau tabung dari berbagai lebar dan serat sering digunakan sebagai pengganti tali. Nama webbing berasal dari bahan anyaman kedap sering digunakan dalam konstruksi yang seperti jaring. Webbing ini adalah komponen serbaguna yang digunakan dalam pendakian, slacklining, manufaktur furnitur, keselamatan mobil, balap mobil, terjun payung, pakaian militer dan banyak bidang lain. Webbing dapat dijadikan sebagai harnes, anchor, pengaman, dlsb.